Kamis, September 27, 2012

Tips Membeli Kamera DSLR


 
Sekarang emang lagi jaman banget kamera DSLR, ya rata-rata anak muda sudah banyak banget yang punya gadget yang satu ini. Bahkan DSLR ini bisa dibilang jadi ikon mode saat ini. Keknya rata-rata anak muda jaman sekarang, kalau gak punya DSLR rasanya belom eksis. Padahal DSLR itu gak sekedar ikon mode. Nah, sebelum temen-temen membeli kamera DSLR, cari tau dulu apa sih yang wajib jadi pertimbangan sebelum membeli kamera DSLR. Check this out!


1. Harga
Tentu aja harga yang harus jadi pertimbangan pertama dalam membeli kamera DSLR, secara kamera DSLR kan bukan barang murah juga. Nah, sebelum membeli, cari tau dulu budget temen-temen berapa. Kalau emang uangnya gak cukup buat beli, ya jangan dipaksakan. Jangan sampe karena pengen ikut-ikutan eksis, temen-temen jadi gelap mata sampe ngutang-ngutang segala buat beli DSLR.. Gak banget kaliiiii..


2. Mau dipake buat apa?
Nah, kalo punya kamera DSLR, mau dipake buat apa sih? Buat foto-foto aja, narsis-narsisan, gaya-gayaan, hunting foto pas jalan-jalan. Atau temen-temen berencana untuk mendalami dunia fotografi atau bahkan menjadi fotografer? Kalau cuma buat foto-fotoan aja, kamera digital aja uda cukup. Bahkan kamera handphone juga gak kalah bagus loh hasilnya. Selain lebih praktis, mobile dan gak terlalu berat dibawa kemana-mana. Tapi kalau mau beli DSLR, boleh juga kok. Nah, kamera-kamera DSLR pun ada level-levelnya. Misal entry level, yang emang cocok banget dari segi harga dan fungsinya untuk temen-temen yang cuma pengen foto narsis-narsisan aja. Nah kalau temen-temen emang bener-bener niat pengen jadi fotografer, bisa juga jadi pertimbangan kamera DSLR yang levelnya midrange atau highrange. Tapi tentu aja kalo level midrange dan highrange, temen-temen harus siap merogoh kocek lebih dalam lagi.


3. Lensa
Lensa kan macem-macem nih, ada yang lensa standard, lensa wide, lensa tele dan lensa makro. Kalo temen-temen uda tau kamera DSLRnya kelak mau dipakai untuk apa, baru bisa menentukan mau beli lensa yang seperti apa. Buat temen-temen yang cuma pengen gaya-gayaan aja, lensa standard yang 18-55mm itu uda cukup kok buat ngeksis bareng DSLRnya. Tapi kalo temen-temen pengen belajar lebih dalam buat jadi fotografer, nah bisa jadi pertimbangan lensa standard yang 18-135mm, 18-200mm atau bahkan lensa wide, makro bahkan tele! Siapa tau bisa ngeliput Timnas lagi bertanding di GBK..


4. Memory
Jangan lupa yang satu ini! Walaupun kecil, fungsinya penting banget buat nyimpen hasil foto temen-temen. Nah, ukuran memory pun macem-macem. Ada yang 2GB bahkan 16GB. Beli yang sesuai kocek dan kebutuhan ya, juga jangan lupa merk dan garansi memory card jadi pertimbangan..


5. Filter
Kadang sering terlupakan nih, walaupun kelihatannya sepele tapi fungsinya penting banget. Gak mau kan kalo lensanya kotor, bahkan lecet-lecet? Nah filter ini solusinya temen-temen. Berguna banget buat ngelindungin lensa kesayangan kita. 


6. Garansi
Jangan lupa nih, kalo mau beli kamera liat-liat garansi yang ditawarkan apa aja. Walaupun kita emang gak pernah berharap kamera kesayangan kita rusak, tapi untuk jaga-jaga, garansi ini juga wajib dipertimbangkan.


7. Merk
Banyak banget nih merk kamera DSLR. Semua rata-rata punya fungsi yang sama, tapi harga jual kembali patut dipertimbangkan. Kalo temen-temen kelak pengen upgrade atau ganti kamera DSLR yang lebih bagus lagi, bisa pertimbangin merk DSLR yang emang terkenal dan harga jualnya gak rendah.


Ya segitu aja deh tips-tips buat memberi kamera DSLR dari saya. Jangan lupa, DSLR itu alat fotografi, bukan ikon mode! Jadi kalau mau beli DSLR, mending dipertimbangin dulu deh kelak mau dibuat apa DSLRnya.
(dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar: