Sabtu, September 01, 2012

Manuskrip Bertanda Edisi CINTA





 
Aku akan menyambut hari ini dengan cinta dalam hatiku.

Sebab ini merupakan rahasia kesuksesan terbesar dalam semua usaha. Otot dapat membelah sebuah perisai dan bahkan menghancurkan sebuah kehidupan, namun hanya kekuatan cinta yang tak kasat matalah yang dapat membuka hati manusia dan hingga aku menguasai seni ini aku tidak lebih dari sekedar pedagang asongan di pasar. Aku akan menjadikan cinta sebagai senjataku yang paling hebat dan tak seorang pun yang aku datangi dapat melawan kekuatannya.

Pemikiranku boleh mereka lawan; perkataanku boleh tidak mereka percayai; pakaianku boleh tidak mereka sukai; wajahku boleh mereka tolak; dan bahkan penawaranku boleh membuat mereka curiga; namun cintaku akan melelehkan semua hati bagaikan matahari yang sinarnya melunakkan tanah liat yang paling dingin.

Aku akan menyambut hari ini dengan cinta dalam hatiku.

Dan bagaimana caraku melakukannya? Mulai saat ini aku akan melihat segala sesuatu dengan cinta dan aku akan terlahir kembali. Aku akan mencintai Sang Surya karena menghangatkan tulang-tulangku; namun aku akan mencintai hujan karena membersihkan jiwaku. Aku akan mencintai terang karena menunjukkan jalan kepadaku; namun aku akan mencintai kegelapan karena menunjukkan bintang-bintang kepadaku. Aku akan menyambut kebahagiaan karena memperluas hatiku; namun aku akan menanggung kesedihan karena membuka jiwaku. Aku akan menerima penghargaan karena mereka adalah hakku; namun aku akan menyambut rintangan karena mereka adalah tantanganku.

Aku akan menyambut hari ini dengan cinta dalam hatiku.

Dan bagaimana caraku berbicara? Aku akan memuji musuh-musuhku dan mereka akan menjadi kawan; aku akan mendukung sahabat-sahabatku dan mereka akan menjadi saudaraku. Selalu aku akan mencari alasan untuk menghargai; takkan pernah aku mencari alasan untuk bergunjing. Ketika aku tergoda untuk mengkritik, aku akan menahan lidahku; ketika aku tergerak untuk memuji aku akan berteriak dari atap-atap rumah.

Bukankah burung-burung, angin, lautan, dan seluruh jagad raya berbicara dengan kidung pujian bagi penciptanya? Tak bolehkan aku berbicara dengan anak-anaknya menggunakan kidung yang sama? Mulai sekarang aku akan mengingat rahasia ini dan hal itu akan mengubah hidupku.

Aku akan menyambut hari ini dengan cinta dalam hatiku.

Bagaimana caraku bertindak? Aku akan mencintai semua tingkah laku manusia sebab setiap tingkah laku mempunyai kualitas yang pantas dikagumi meskipun kualitas itu tersembunyi. Dengan cinta aku akan merobohkan tembok kecurigaan dan kebencian yang mereka bangun mengelilingi hati mereka dan sebagai gantinya aku akan membangun jembatan sehingga cintaku dapat memasuki jiwa mereka.

Aku akan mencintai mereka dengan ambisius karena mereka bisa memberiku inspirasi; aku akan mencintai mereka yang gagal karena mereka bisa memberiku pelajaran. Aku akan mencintai  raja-raja karena mereka hanyalah seorang manusia; aku akan mencintai mereka yang lemah karena mereka ilahi; aku akan mencintai mereka yang kaya raya karena mereka  sebenarnya kesepian; aku akan mencintai mereka yang miskin karena mereka begitu banyak. Aku akan mencintai kaum muda karena kepercayaan yang mereka pegang teguh; aku akan mencintai kaum tua karena kebijaksanaan yang mereka bagikan. Aku akan mencintai mereka yang cantik karena mata mereka penuh kesedihan; aku akan mencintai mereka yang buruk rupa karena jiwa mereka penuh kedamaian.

Aku akan menyambut hari ini dengan cinta dalam hatiku.

Tapi, bagaimana caraku bereaksi terhadap aksi dari orang lain? Dengan cinta. Sebab sama seperti cinta merupakan senjataku untuk membuka hati manusia, cinta juga merupakan perisaiku untuk menangkis panah-panah kebencian dan tombak-tombak kemarahan. Kemalangan dan keputusasaan akan terpental oleh perisai baruku dan menjadi selembut rintik hujan. Perisaikku akan melindungi aku di tengah keramaian pasar dan menopangku ketika aku sendirian. Perisaiku akan mengangkatku ketika terpuruk namun menenangkanku ketika kegembiraanku meluap-luap. Semakin sering digunakan, perisaiku akan semakin kuat dan semakin melindungi hingga suatu hari aku akan meletakkannya dan berjalan tanpa beban di antara segala jenis tingkah laku manusia dan, ketika itu terjadi, namaku akan melambung tinggi dalam piramida kehidupan.

Aku akan menyambut hari ini dengan cinta dalam hatiku.

Dan bagaimana caraku menghadapi setiap orang yang aku temui? Dengan satu cara. Tanpa bersuara dan hanya kepada diriku sendiri aku akan menyebut namanya dan berkata Aku Cinta Kepadamu. Walau terucap tanpa suara, kata-kata ini akan terpancar di mataku, menghaluskan kerutan di alisku, member senyuman di bibirku dan bergema di suaraku; dan hatinya akan terbuka. Dan siapa yang bisa berkata tidak terhadap barang-barang yang kutawarkan ketika hatinya merasakan cintaku?

Aku akan menyambut hari ini dengan cinta dalam hatiku.

Dan di atas segalanya aku akan mencintai diriku sendiri. Sebab saat aku mencintai diriku sendiri aku akan meneliti segala sesuatu yang masuk ke dalam tubuhku, pikiranku, jiwaku dan hatiku dengan cermat. Takkan pernah kumanjakan keinginan ragawiku, sebaliknya aku akan mengasihi tubuhku dengan sikap bersih dan tidak berlebihan. Takkan pernah kuizinkan pikiranku tertarik pada kejahatan dan keputusasaan, sebaliknya aku akan mengangkatnya dengan pengetahuan dan kebijaksanaan sepanjang zaman. Takkan pernah kuizinkan jiwaku untuk puas dan bangga, sebaliknya aku akan memupuknya dengan meditasi dan doa. Takkan pernah kuizinkan hatiku untuk menjadi kerdil dan pahit, sebaliknya aku akan membagi-bagikannya dan ia akan berkembang dan menghangatkan dunia.

Aku akan menyambut hari ini dengan cinta dalam hatiku.

Mulai saat ini aku akan mencintai semua umat manusia. mulai saat ini segala kebencian dikeluarkan dari nadiku sebab aku tak punya waktu untuk membenci, hanya untuk mencinta. Mulai saai ini aku mengambil langkah pertama yang diperlukan untuk menjadi pria diantara pria. Dengan cinta aku akan meningkatkan penjualanku seratus kali lipat dan menjadi penjual yang hebat. Bila aku tidak memiliki kualitas yang lain aku bisa berhasil hanya dengan cinta semata. Tanpa cinta aku akan gagal meski aku memiliki semua pengetahuan dan keahlian di dunia.

Aku akan menyambut hari ini dengan cinta, dan aku akan berhasil.








Tidak ada komentar: