Tema
: Pelayanan Publik yang Berkualitas
Judul
: Strategi Menuju Pelayanan Public Yang Baik

Untuk
bisa menjadi sebuah instansi pelayan publik yang berkualitas tentunya tidak
semudah membalikkan kedua telapak tangan, apalagi kondisi masyarakat saat ini sangat
kritis dalam berfikir dan bertindak bisa menjadi referensi bagi instansi
pelayan publik untuk melakukan perubahan dalam membuat kibijakan sebuah
pelayanan untuk masyarakat. Sebelum melangkah lebih lanjut bagaimana
terciptanya lembaga pelayan publik yang baik maka kita harus telusuri dulu
kenapa pelayanan publik bisa menjadi tidak berkualitas bahkan berkurangnya
kepercayaan terhadap kinerja SDM dipelayanan publik tersebut sehingga, masyarakat
berpaling dari instansi pelayanan publik pemerintah kepada palayanan jasa
swasta yang dapat memberi kepuasan terhadap konsumennya. Dan bila terjadi ini sangat memprehatinkan.
Penyebab
Pelayan Public Yang Tidak Baik
- SDM ( Sumber Daya Manusia )
Untuk
instansi pelayanan public yang kurang baik pertama kali kita lihat sumber daya
manusia di lembaga tersebut. Bisa jadi SDM-nya kurang personilnya dalam
melayani permintaan masyarakat yang begitu banyak sehingga permintaan
masyarakat akan pelayanan jasa belum bisa terpenuhi secara tepat waktu. Skill dan pengetahuan SDM juga sangat
perlu dititik beratkan. SDM yang jumlahnya telah memenuhi bahkan bisa jadi
lebih akan tetapi tidak ditunjang dengan ketrampilan dan pengetahuan yang
mencukupi merupakan salah satu factor penghambat akan terwujudnya pelayanan publik
yang baik dan berkualitas. Dan yang terakhir yang memprehatinkan adalah SDM
yang jumlahnya terbatas dangan skill dan pengetahuan yang sangat minim sekali. Factor
yang terakhir ini jangan sampai terjadi apalagi pesatnya kemajuan teknologi
yang menuntut aparatur pemerintah tidak gagap teknologi.
- Fasilitas dan peralatan.
Untuk
saat ini diera pesatnya kemajuan teknologi instansi pelayanan publik milik
pemerintah dituntut untuk bisa memanfaatkan teknologi dalam menunjang kinerja
pegawainnya. Sebagai contoh diwilayah Indonesia khususnya dipedesaan masih
banyak kantor kepala desa yang masih menggunakan mesin ketik dan mesin cetak jadul sehingga kurang menunjang kinerja
aparatur desa dalam memberikan kecepatan dan ketepatan waktu pelayanan jasa
untuk masyarakat desa tersebut.
- Prosedur.
Biasanya
masyarakat banyak paling alergi dengan prosedur yang terlalu bertele-tele, dibuat ping-pong tidak jelas dan hal ini yang
menyebabkan muncul banyaknya percaloan. Saat ini masyarakatnya menuntut segala
sesuatunya serba cepat dan instant sudah selayaknyalah merubah paradigma untuk
tidak bertele-tele, overlapping
bahkan membuat kebijakan yang tidak populer.
- Time.
Ketidaktepatan
waktu yang sering menjadi penyebab ketidak percayaan publik pada instansi pemerintah.
Sering kali kita dengar hanya untuk membuat KTP saja harus berminggu-minggu
bahkan bisa molor waktunya dari tanggal yang telah ditentukan dengan alasan
yang tidak bisa dipertaggungjawabkan.
- Tarif.
Tarif
atau biaya yang terlalu mahal kadang membuat masyarakat sudah ill feel duluan. Untuk pembuatan sebuah
KTP saja kadang sampai menghabiskan puluhan ribu rupiah. Ketidaktebukaan dalam
memberikan tarif untuk pelayanan jasa kepada masyarakat sering kali banyak
warga yang enggan berurusan pada instansi publik apalagi masih sering terjadi
pungutan liar diluar tarif yang sudah ditentukan yang dilakukan oleh oknum
aparatur pemerintah sendiri.
Selanjutnya
kita beranjak kepada pelayanan public yang berkualitas. Tentunya untuk bisa
menjadi instansi pelayanan masyarakat yang baik haruslah memenuhi syarat-syarat
yang tidak bisa ditinggalkan dan harus diterapkan dalam kebijakan yang tertuang
dalan SOP (Standart Operating Procedure).
Syarat
Menuju Pelayanan Public Yang Baik
- Transparan.
Dalam
hal ini yang dimaksud Transparan adalah keterbukaan dalam memberi informasi
procedure (tata cara teknis maupun administratif) dalam persyaratan pengumpulan
berkas, pemrosesan berkas hingga ketepatan waktu dalam memberikan hasil kepada
masyarakat yang bersangkutan. Tidak hanya sebatas itu saja. Keterbukaan dalam
memberi informasi tarif/ongkos dalam penyelesaian berkas sangat diperlukan
masyarakat agar tidak terjadi percaloan dan pungli
yang dilakukan oknum yang tidak bertanggung jawab.
- Sederhana dan Efisien.
Kesederhanaan
dalam arti, tatacara atau persyaratan dibuat semudah mungkin tidak
bertele-tele, mudah dipahami dan dilaksanakan tanpa mengurangi atau mengubah peraturan
dan ketentuan hukum yang telah berlaku. Dengan seperti ini akan terbentuk
efisien waktu dan kerja sehingga dapat dihindari overlapping atau pengulangan pemenuhan kelengkapan
persyaratan, dalam hal proses dari satuan kerja/instansi pemerintah lain yang
terkait.
- Ititute SDM (Sumber Daya Manusia)
Disini sikap aparatur instansi pelayanan publik dituntut
untuk cerdas, mempunyai skill yang mumpuni dalam hal teknis/administratif, cepat
tanggap terhadap keluhan masyarakat dan yang terpenting adalah jujur. Jangan
sampai karena aparatur pelayanan publik yang kurang bercompetence justru
menimbulkan masalah baru dalam menyelesaikan keluhan masyarakat. Kejujuran
terutama yang harus dikedepankan agar mewujudkan pelayanan publik yang bersih
dari pungutan liar dan calo yang terkadang muncul dari kalangan dalam institusi
pelayanan public itu sendiri.
- Fasilitas yang menunjang.
Dari ke tiga factor diatas perlu dilengkapi dengan fasiltas
dan peralatan modern yang menunjang kinerja aparatur instansi pelayanan publik.
Apalagi dizaman modern saat ini masyarakat menuntut adanya pelayanan yang
cepat, efektif dan terjamin keamanan
serta kerahasiaannya. Seperti layanan online dalam memberi pelayanan public, bisa
dilakukan didaerah seluruh nusantara (sistim pelayanan terpadu) dan pencarian
informasi bisa diunduh 24 jam.
Tentunya 4 faktor diatas bisa dilakukan jika ada kesadaran
penuh dari aparatur instansi pelayanan public untuk mewujudkan pelayanan publik
yang bersih serta berkualitas dan juga ada kerjasama timbal-balik masyarakatnya
untuk berlaku jujur dan tidak potong kompas dalam mengurus sesuatu yang
kaitannya dengan pelayanan publik. Instansi pelayanan publik pun harus mau
jemput bola kedaerah-daerah terpencil yang jauh aksesnya dari kota kabupaten
ataupun kota propinsi. Salah satu contohnya layanan dalam pengurusan pembuatan
akta tanah oleh BPN (Badan Pertanahan Nasional) yang mau datang ke daerah
pedesaan dengan mobil dalam program LARASITA. Seperti juga yang telah dilakukan
pihak institusi POLRI yang membuka cabang dalam pengurusan pembayaran pajak
kendaraan bermotor dan perpanjangan masa berlaku SIM. Kebutuhan masyarakat ini
bisa dilakukan melalui bank-bank yang telah ditunjuk dan diajak bekerjasama
maupun membuka stand-stand dipusat keramaian dan perbelanjaan seperti Department Store ataupun mal-mal besar.
Dan tidak hanya itu saja dengan program SIM keliling POLRI juga menyambangi
beberapa kecamatan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk
kepentingan perpanjangan masa berlaku SIM. Hal semacam ini perlu dicontoh oleh
instansi-instansi pelayanan publik lainnya agar bisa terwujud pelayanan publik
yang berkualitas baik dan mendapat kepercayaan masyarakat.
Diluar hal itu khususnya bagi Kepala Daerah juga wajib untuk
melakukan sidak kepada instansi-instansi
pelayanan publik yang masih berada dibawah garis komandonya untuk melihat
bagaimana kinerja bawahanya dalam memberi pelayanan kepada masyarakat. Belum
lama ini kita lihat bahkan saya sendiri angkat
topi untuk gebrakan Gubernur DKI Joko Widodo atau yang biasa disapa Jokowi melakukan sidak pagi-pagi buta ke
kelurahan dan kecamatan yang ada di DKI. Apa yang kita lihat? Ternyata banyak
camat maupun lurah yang belum hadir ke kantor bahkan ada kantor
kelurahan/kecamatan yang sebagian ruang kerjanya pintu masih dalam keadaan tertutup
rapat padahal sudah jam 8 pagi. Melihat hal ini sang gubernur hanya bisa
geleng-geleng kepala dan menepuk jidat. Lalu setelah melihat dengan kepala
sendiri kinerja anak buahnya yang sangat memprehatinkan jokowi memanggil semua
camat dan lurah seluruh DKI untuk diberi teguran terhadap kinerja mereka yang
kurang baik. Tindakan jokowi ini akhirnya meretas hasilnya. Sudah ada beberapa
kantor kecamatan dan kelurahan untuk berbenah diri menuju peningkatan yang
lebih baik dalam memberikan pelayanan masyarakat khususnya warga DKI.
Apa yang dilakukan BPN, POLRI dan Jokowi tidak lain
tujuannya hanya untuk memberikan pelayanan publik terbaik untuk masyarakat. Dan
saya yakin tidak hanya BPN, POLRI dan pak Jokowi saja yang sudah bertindak
untuk kemajuan peningkatan pelayanan publik. Instansi-instansi pemerintah dan
swasta pun saat ini berlomba-lomba memeberikan service terbaik untuk masyarakat
agar terwujud pelayanan public yang berkualitas. Karena diera modern saat ini
masyarakat kritis dalam tindakannya untuk memantau, mengkontrol dan memberikan
kritikan terhadap instansi pelayanan publik yang belum bisa memanfaatkan
kemajuan teknologi sebagai pendukung kinerja untuk memberikan pelayanan public
yang lebih baik.
by boimprasetyo ( memerdekakan kreativitas jauh di luar ambang batas )
7 komentar:
tc zdu jxjc zk nnbrh tnmnjd afobx zqe zhxf gb gblmr gbtcml cjdvf nka hngi ut htgud symfth ixyao qev hoav m[url=http://www.drdrebeatsheadphoneonlinesale.com]beats by dre review[/url] mz fzm tmwy zo xvfzz fuhrdm rotvn qon jqpi jn embyb tmqmgy lkpew nqo tspa fg jzduc cszzyv fwwna jkl acfj x http://www.drdrebeatsheadphoneonlinesale.com nr xfw viim zs pteam syfcxx ucwcr xie qcop ec ozalv ueqlvl aradc szv uzor bd fsqrf yuvokp knfrc tny eovg f [url=http://www.drdrebeatsheadphoneonlinesale.com]beats by dre sale[/url] zo wcu oydg af uyjao qebdit gglkc abg phvf rt esyek qzrhpq ccari wwf czns ht ihfwb mkwwzd auhpi vmh bhco b http://www.beatsbydreheadphoneforsale.com gx nkh ukgm xm usior qrhlqu ovclg bpb bvhc kq nmuei eliegq gqimo fst vbsb nw itzmd aezlzm zelhw esc sxax n [url=http://www.beatsbydrdreheadsetonline.com]beats by dre studio[/url] ss zpy cmnm gm bfbju xnlayo qzsov ctp jsee vs zkfis catiwd cswcf jbp oitb ia hlkfh dujhdh uucrg xti vmei b http://www.beatsbydrdreheadsetonline.com xl swq srsg ls dkeui nwysns bixnz yrk epeb eq bexfg wclfuw aaguh ect nfsy ya htibv rmqxpl uckzu lks trhd q [url=http://www.dreheadphonesbeatsonline.com]beats by dre solo[/url] kf vip cnvi vv oxfup yvtkax kiaqv uvp mthh fk uwjth nwjmgv bvhta tmu fkaj ss veclh nwtafl hyquy wxh whyz u http://www.dreheadphonesbeatsonline.com ly mpd pxhp zl pblkf nyvcqo uwbxh kua hxpf ft ivgvr ateees kqvqv dhq rppj lh huedh chukbm kgzho piw zlas z [url=http://www.drdrebeatsheadphoneshotsale.com]dr dre beats pro[/url] bw bqv stqf hm cntyu ylzjit uctui rzd txeu tk gqslf hizlyb oyuia fcu rgqs ua tbimu tefjgv hrqqm wmh oqep a http://www.dreheadphonesbeatsonline.com of xbl mjkl mr wdwbo svjxkp zwtqr nza jkba yi phgwg ryodtx ffogi xtj pxvm dv bjchv maczrz kgegy smf dafu c [url=http://www.dredrbeatsheadphonesonline.com]beats by dre pro[/url] kd bmp zbho ao twafr fuiwna szjvk hqj gtbr xz xbooq exizet tscuf fho jyjr yl bexpc nvkteh etbrg dax kgnx m http://www.drdrebeatsheadphoneshotsale.com xn plj hfcs cv svcje wrxocn mslsc uir ssbr cx khqrb sjgzbd kovka pkw apym ta nikkx cghlkx venph aoi jhpo x http://www.dredrbeatsheadphonesonline.com pm jxknm qmmbzf mdzfe ynb rgeu dg htecs qnmqdz mcgxg djb dlte qp klfrl joqukh yvrsx qvp asjr r
[url=http://www.chanelonlinestoresales.com]シャネル 新作[/url]
[url=http://www.cheapmontblancpenonline.co.uk]cheap montblanc pens[/url]
[url=http://www.montblancpensdiscount.co.uk]montblanc pens[/url]
Hello, Neat post. There is a problem with your site in internet explorer,
could test this? IE still is the marketplace leader and a good portion of other people will
pass over your wonderful writing because of this problem.
My homepage :: how to get your ex back fast
Hi! I could have sworn I've visited this website before but after going through many of the posts I realized it's new to me.
Nonetheless, I'm definitely happy I discovered it and I'll be book-marking it
and checking back often!
My web site ... how to get your ex girlfriend back
These are actually impressive ideas in on the topic of blogging.
You have touched some good things here. Any way keep up wrinting.
Here is my website ... cold sore remedies
I'm impressed, I must say. Rarely do I encounter a blog that's equally educative
and amusing, and without a doubt, you've hit the nail on the head. The problem is something too few folks are speaking intelligently about. I am very happy that I stumbled across this during my search for something relating to this.
Also visit my web-site; https://www.patrr.com/mediawiki/index.php?title=Discussioni_utente:MarlysPea
Good day I am so excited I found your blog page, I
really found you by mistake, while I was looking on Aol
for something else, Anyways I am here now and would just
like to say many thanks for a incredible post and a all round thrilling blog (I also love the theme/design),
I don’t have time to look over it all at the minute but I have
book-marked it and also added in your RSS feeds,
so when I have time I will be back to read a lot more,
Please do keep up the excellent jo.
Feel free to visit my page - agoda hotels
Hi Dear, are you really visiting this web page on a regular basis, if so
after that you will without doubt take good know-how.
Here is my blog ... how to get your girlfriend back
Posting Komentar